Minggu, 10 Juni 2012

Sejarah Wushu


Wushu adalah Olahraga yang penuh kegiatan,olahraga ini berasal dari tradisional seni bela diri Cina. Olahraga itu diciptakan di Republik Rakyat China setelah 1949, dalam upaya untuk menasionalisasi praktek bela diri tradisional Cina seni. Sebagian besar bentuk kompetisi modern (套路 taolu) terbentuk dari seni orang tua mereka oleh komite yang ditunjuk pemerintah.

Pada zaman sekarang, wushu telah menjadi olahraga internasional melalui International Wushu Federation (IWUF), yang memegang Dunia Wushu Championships setiap dua tahun; Kejuaraan Dunia pertama diadakan pada tahun 1991 di Beijing dan dimenangkan oleh Yuan Wen Qing . 


Wushu Kompetitif terdiri dari dua disiplin ilmu: taolu (套路; bentuk) dan Sanda (散打; perdebatan)

Taolu melibatkan pola seni bela diri dan manuver pesaing yang dinilai dan diberikan poin menurut aturan tertentu.. Bentuk terdiri dari gerakan dasar (sikap, tendangan, pukulan, saldo, melompat, menyapu dan melempar) berdasarkan kategori agregat tradisional gaya seni bela diri Cina dan dapat diubah untuk kompetisi untuk menyoroti kekuatan seseorang. Bentuk kompetitif memiliki batas waktu yang dapat berkisar dari 1 menit, 20 detik untuk beberapa gaya eksternal untuk lebih dari lima menit untuk gaya internal. Modern wushu pesaing semakin pelatihan dalam teknik udara seperti 540 dan 720 dan bahkan 900 derajat melompat dan tendangan untuk menambah kesulitan lebih dan gaya untuk bentuk mereka.

 Sanda (kadang disebut Sanshou atau Lei tai) adalah sebuah metode pertempuran modern dan olahraga dipengaruhi oleh tinju Cina tradisional, metode gulat Cina disebut Shuai jiao dan teknik bergulat Cina seperti Chin Na. Ia memiliki semua aspek tempur dari wushu. Sanda muncul seperti Kickboxing atau Muay Thai, tapi juga meliputi teknik yang lebih banyak bergulat. Sanda pertempuran kompetisi yang sering diadakan bersama taolu atau kompetisi bentuk.

Sejarah 
Pada tahun 1958, pemerintah membentuk All-Cina Wushu Association sebagai organisasi payung untuk mengatur pelatihan seni bela diri. Komisi Negara Cina untuk Fisik Budaya dan Olahraga memimpin dalam menciptakan bentuk-bentuk standar untuk sebagian besar seni utama. Selama periode ini, seorang warga negara Wushu sistem yang mencakup bentuk-bentuk standar, kurikulum pengajaran, dan penilaian instruktur didirikan. Wushu diperkenalkan di kedua sekolah tinggi dan tingkat universitas. Sistem baru ini berusaha untuk memasukkan unsur-unsur umum dari semua gaya dan bentuk serta ide-ide umum yang terkait dengan seni bela diri Cina. Konsep gaya seperti keras, klasifikasi lembut, internal, eksternal, serta berdasarkan sekolah seperti Shaolin, Taiji, Wudang dan lainnya semua terintegrasi ke dalam satu sistem. Wushu menjadi standar yang disponsori pemerintah untuk pelatihan dalam seni bela diri di China.
Dorongan untuk standardisasi terus menyebabkan adaptasi tersebar luas. Pada tahun 1979, Komisi Negara Budaya Fisik dan Olahraga menciptakan satuan tugas khusus untuk pengajaran dan praktek Wushu. Pada tahun 1986, National Cina Lembaga Penelitian Wushu didirikan sebagai otoritas pusat untuk penelitian dan administrasi kegiatan Wushu di Republik Rakyat Cina. Mengubah kebijakan pemerintah dan sikap terhadap olahraga dalam memimpin umum untuk penutupan Komisi Olahraga Negara (pusat olahraga otoritas) pada tahun 1998. Penutupan ini dilihat sebagai upaya untuk sebagian mendepolitisasi olahraga terorganisir dan bergerak kebijakan olahraga Cina menuju pendekatan yang lebih berbasis pasar. Sebagai hasil dari faktor-faktor sosiologis yang berubah di China., Kedua gaya tradisional dan modern Wushu pendekatan sedang dipromosikan oleh pemerintah China.

Peristiwa
Peristiwa Wushu dilakukan dengan menggunakan rutinitas wajib atau individu dalam persaingan. Rutinitas wajib adalah mereka rutinitas yang telah telah dibuat untuk atlet, sehingga setiap atlet pada dasarnya melakukan set yang sama. Rutinitas individu adalah rutinitas yang menciptakan atlet dengan bantuan / nya pelatihnya, saat mengikuti aturan-aturan tertentu untuk kesulitan. Selain acara untuk rutinitas individu, beberapa kompetisi wushu juga fitur peristiwa ganda dan kelompok. Acara ganda, juga disebut duilian (对 练), adalah suatu peristiwa di mana ada beberapa bentuk perdebatan dengan senjata, atau tanpa senjata atau bahkan menggunakan tangan kosong melawan senjata. Acara ganda biasanya spektakuler dan tindakan koreografer sebelumnya. Acara kelompok, juga dikenal sebagai jiti (集体), membutuhkan sekelompok orang untuk melakukan bersama-sama dan kelancaran sinkronisasi tindakan sangat penting. Biasanya, acara juga memungkinkan kelompok musik instrumental untuk menemani koreografi selama pertunjukan. Karpet digunakan untuk acara kelompok juga lebih besar daripada yang digunakan untuk rutinitas individu. Sebelumnya, wushu internasional kompetisi paling sering digunakan rutinitas wajib, sementara tinggi tingkat kompetisi di China paling sering digunakan rutinitas individu. Namun, setelah tahun 2003 Dunia Wushu Games di Makau diputuskan untuk memilih rutinitas individu dalam persaingan internasional dengan Nandu (难度; gerakan kesulitan) mengintegrasikan skor 2 titik maksimum Nandu ke nilai maksimum keseluruhan 10. Ada beberapa kontroversi mengenai dimasukkannya Nandu di wushu karena banyak gerakan yang dibuat untuk peristiwa tertentu tidak awalnya gerakan yang digunakan dalam gaya tersebut. Selain itu jumlah cedera yang telah dihasilkan dari masuknya Nandu ini telah menyebabkan banyak orang mempertanyakan masuknya mereka. Mereka yang mendukung persyaratan kesulitan baru mengikuti pernyataan bahwa mereka membantu untuk kemajuan olahraga dan meningkatkan kualitas fisik keseluruhan atlet.

1 komentar:

  1. Thanks ya sob udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali ..............




    agen tiket murah

    BalasHapus